Selasa, 04 Oktober 2011

Cara Identifikasi Masalah dan Pentingnya Identifikasi Masalah dalam Perencanaan

Masalah merupakan suatu kendala atau persoalan yang harus diselesaikan, dengan kata lain masalah adalah suatu kesenjangan antara kenyataan (realita) dengan suatu yang diharapkan dengan baik (ideal), agar tercapai tujuan dengan hasil yang maksimal. Untuk itu, sebelum dapat menyelesaikan sebuah masalah atau persoalan tersebut maka terlebih dahulu kita harus melakukan suatu  Identifikasi Masalah.
Identifikasi Masalah adalah suatu tahapan proses merumuskan masalah untuk mengenali masalah yang ingin diselesaikan. Salah salah satu cara untuk memudahkan seseorang mengungkapkan atau menyatakan identifikasi masalah dengan baik adalah dengan mengetahui secara jelas masalah yang dihadapi. Ada beberapa cara identifikasi masalah yaitu dengan mengetahui jenis masalah yang dihadapi. Jenis-jenis masalah yang biasanya kita temui tersebut bisa disebabkan oleh manusia sendiri, masalah yang disebabkan oleh cara, teknik atau struktur kerja yang kurang baik maupun masalah yang disebabkan oleh fenomena yang terjadi. Adapun supaya masalah penelitian yang kita pilih benar-benar tepat, kita dapat mengetahuinya dengan mengenali  beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang biasanya menunjukan bahwa sesuatu hal itu termasuk sebuah masalah yaitu misalnya bersifat menarik, sesuatu hal yang baru, dan merupakan sesuatu hal yang penting.
Berkaitan dengan perencanaan khususnya perencanaan wilayah dan kota, kenyataan bahwa tiap wilayah atau daerah memiliki potensi yang berbeda baik ditinjau dari sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia dan lain sebagainya, maka sebelum perencanaan terhadap sebuah wilayah atau daerah dilakukan, diperlukan pendekatan wilayah yang berbeda-beda bagi tiap daerah. Oleh karena itu tahap Identifikasi Masalah sangat berperan penting dalam proses perencanaan sebelum melakukan rangkaian tindakan atau kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dan disepakati bersama dalam rangka penyelesaian masalah tersebut.

Sumber : 
Iryanto. 2010. Perencanaan Pembangunan Kota melaui Pendekatan Wilayah Antardaerah, dalam http://www.usu.ac.id/id/files/artikel/perc_pemb_iriyanto.pdf dan Diakses 20 September 2011.

5 komentar:

Munculnya Permasalahan dalam perencanaan wilayah dapat disebabkan oleh dua fakor yaitu faktor ,Biotik dan abitik sebagai elementer spasial yang tak terpisahkan

Terima kasih untuk informasi sangat berguna

contoh identifikasi masalah kasus "suap", yaitu :

1. Besaran gaji aparat yang terlalu rendah;
2. Pelayanan di persulit;
3. Kurangnya pemahaman tentang hukum;
4. Ingin mengejar target;

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites